Jumat, 25 Oktober 2013

23.29 - No comments

Contoh Binis yang tidak beretika


Contoh Sebuah perusahaan X yang merupakan suplier resmi dari petronas melakukan kecurangan bisnis dengan mengoplos solar menjadi minyak tanah dan menjualnya pada masyarakat. Hal ini tentu menjelekkan nama baik petronas, selain itu hal ini juga menyebabkan konsumen petronas tidak percaya lagi dengan produk-produk Petronas.

Contoh lain yang nyata, yang sering kita saksikan sendiri atau mungkin kita pernah mengalaminya sendiri saat membeli buah-buahan.  Buah yang sudah dipilih, saat membungkus buah pilihan tersebut pedagang menukarnya dengan buah-buahan yang tidak baik kualitasnya tanpa sepengetahuan pembeli.

Analisisnya : bahwa banyak tidakan yang menyimpang yang dilakukan oleh pebisnis, baik kecil maupun besar, untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda tanpa memikirkan efek negatif yang akan terjadi. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kerugian pada konsumen juga pada perusahaan itu sendiri. Kepercayaan konsumen yang diberikan pada perusahaan tersebut akan hilang dan sebagai seorang pelaku bisnis kita harus melakukan etika-etika yang ada dalam suatu bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar