Jumat, 25 Oktober 2013

23.44 - No comments

Etika Bisnis


Etika Bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencangkup kegiatan seluruh aspek yang berkaitan dengan individu,perusahaan,masyarakat. Etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai,norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan / mitra kerja,pemegang saham,masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika,yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Etika bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan di landasi moral yang luhur,jujur, transparan dan sikap yang profesional.
Ciri-ciri bisnis yang beretika :
1.       Tidak merugikan orang lain atau pebisnis lain
2.       Tidak menyalahi aturan-aturan
3.       Tdak melanggar hukum
4.       Tidak menciptakan suasana keruh pada saingan bisnis
5.       Ada izin usaha yang jelas dan juga sah secara aturan dan hukum.

Contoh kasus yang beretika
Pada tahun 1990 an, kasus yang masih mudah di ingat yatu enron. Bahwa enron adalah perusahaan yang sangat bagus dan pada saat itu perusahaan dapat menikmatin booming industri energi dan saat itulah enron sukses memasok energi ke pangsa pasar yang begitu besar dan memiliki jaringan yang luar biasa luas. Enron bahkan berhasil menyinergikan jalur transmisi energinya untuk jalur teknologi informasi.  Dan data yang ada dari siklus bisnisnya, Enron memiliki profitabilitas yang cukup menggiurkan. Seiring dengan booming industri energi, akhirnya memosisikan dirinya sebagai energi merchants dan bahkan enron disebut sebagai “Spark Spead”.

"Dikutip dari berbagai sumber"

0 komentar:

Posting Komentar