19.07 -
No comments
SEGMENTASI PASAR
SEGMENTASI,
MENETAPKAN TARGET,
DAN MENETAPKAN POSISI
DI PASAR GUNA MENDAPATKAN KEUNGGULAN BERSAING.
Segmentasi Pasar
Membagi sebuah pasar ke dalam
kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau
perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.
Penetapan Target Pasar.
Proses mengevaluasi daya
tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.
Penempatan posisi
Mengatur produk supaya dapat
menempati posisi pada benak konsumen yang jelas, khas, dan diinginkan secara
relatif terhadap produk pesaing.
6. Menyusun bauran pemasaran
tiap-tiap segmen.
5. Menyusun penempatan segmen-segmen yang
ditargetkan.
|
Penempatan Posisi di Pasar |
4. Memilih segmen sasaran
3. Mengevaluasi daya tarik masing-masing Segmen.
|
Penetapan Target Pasar |
2. Menyusun Profil-profil segmen
1. Mengenali basis yang digunakan untuk mensegmentasi pasar.
|
Segmwntasi Pasar |
Gambar 4.1. Langkah-langkah dalam
segmentasi, penetapan target dan penempatan posisi.
SEGMENTASI PASAR
Tingkatan Segmentasi Pasar
Pemasaran
Massal ( Tanpa Segmentasi )
|
|
Pemasaran
Segmen
|
|
Pemasaran
Relung
|
|
Pemasaran
Mikro ( Segmen Penuh )
|
Pemasaran Massal, yaitu
memproduksi secara massal mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan
secara massal produk yang hampir sama dengan cara yang hampir sama kepada semua
konsumen.
Pemasaran Segmen, Memisahkan
segmen-segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya
sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen tersebut.
Pemasaran Relung, Memfokuskan diri
pada subsegmen atau relung pasar yang memiliki sejumlah cirri bawaan yang khas
yang mungkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
Pemasaran Mikro, Praktek
perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan selera
individu dan lokasi yang spesifik yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran
individual.
-
Pemasaran Lokal, Perancangan merk dan promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan
dan keinginan kelompok-kelompok pelanggan local --- kota, pemukiman, bahkan
took yang spesifik.
-
Pemasaran Individual, Perancangan
produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan
preferrensi pelanggan secara individual. Juga dinamakan pemasaran satu per satu
( one to one marketing ), pemasaran yang disesuaikan dengan ( customized
marketing )kebutuhan dan pemasaran pasar yang terdiri dari satu orang ( market of one marketing ).
Mensegmentasi Pasar Konsumen
-
Segmentasi Geografis, membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda
seperti negara, wilayah negara bagian, kabupaten, kota atau pemukiman.
-
Segmentasi Demografis, Upaya membagi
pasar menjadi sejumlah kelompok berdasarkan variable-variabel seperti usia,
gender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaann,
pendidikan, agama, ras dan kebangsaan.
-
Segmentasi Psikografis, Upaya membagi
pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya
hidup atau karakteristik kepribadian.
-
Segmentasi Perilaku, Upaya membagi
suatu pasar kesejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pengunaan atau
tanggapan konsumen terhadap suatu produk.
Persyaratan
supaya Segmentasi Efektif.
-
Terukur
-
Dapat dijangkau
-
Substansial
-
Dapat dibedakan
-
Dapat dilakukan tindakan tertentu.
PENETAPAN
TARGET PASAR ( PASAR SASARAN )
Pasar Sasaran
Sepwerangkat
pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama, yang diputuskan
untuk dilayani oleh perusahaan.
1. Mengevaluasi Segmen Pasar
-
Ukuran dan pertumbuhan segmen.
-
Daya tarik structural segmen.
-
Tujuan dan sumber daya perusahaan..
2. Memilih Segmen Pasar.
-
Pemasaran tanpa diferensiasi ( Pemasaran massal ).
Strategi peliputan pasar dimana
perusahaan mungkin memutuskan untuk mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada
pada tiap-tiap segmen pasar, dan masuk ke pasar secara keseluruhan dengan satu
tawaran.
-
Pemasaran yang terdiferensiasi.
Strategi peliputan pasar dimana
sebuah perusahaan memutuskan untuk menetapkan beberapa segmen pasar atau relung
pasar dan mendesain tawaran yang terpisah bagi masing-masing segmen.
-
Pemasaran terkonsentrasi.
Strategi peliputan pasar dimana
sebuah perusahaan memilih untuk meraih pangsa pasar yang besar pada satu atau
beberapa subpasar.
3.
Memilih strategi Peliput Pasar.
-
Sumber daya yang dimiliki
perusahaan.
-
Tahapan produk dalam daur hidup.
-
Homogenitas Pasar.
-
Strategi pemasaran yang
dilakukan pesaing.
PENEMPATAN ( POSISIONING ) GUNA
MENDAPATKAN
KEUNGGULAN BERSAING.
Posisi Produk
Merupakan cara produk didefinisikan oleh konsumen
berdasarkan beberapa atribut penting (
tempat yang diduduki produk dalam benak konsumen dibandingkan hubungan dengan
produk-produk pesaing.
Keunggulan Bersaing
Keunggulan terhadap pesaing yang diperoleh karena
menawarkan kepada konsumen nilai yang lebih besar, baik melalui harga yang
lebih murah atau dengan memberikan sejumlah manfaat yang lebih banyak yang
dapat dijadikan alasan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.
Memilih
Strategi Penempatan Produk ( Posisioning )
-
Mengidentifikasikan keunggulan
bersaing yang mungkin.
-
Memilih Keunggulan pasaing yang
tepat.
-
Mengkomunikasikan dan
menyampaikan Posisi yang telah dipilih.
0 komentar:
Posting Komentar