Selasa, 14 Mei 2013

19.03 - No comments

Menghapus file sampah (prefetch) otomatis


Pernahkah Anda terpikir untuk menghapus file prefetch pada folder windows di drive c ? Prefetch adalah file sampah yang tersimpan di C:\Windows\Prefetch. Seiring dengan pemakaian komputer bertambah pula lah file sampah yang tersimpan. File sampah tidak mengganggu. Hanya saja jika dibiarkan terus menumpuk tanpa pernah dihapus tentunya akan memakan space / ruang harddisk kita pada drive c. Untuk menghapus file sampah Anda dapat menghapusnya secara manual dengan cara membuka folder prefetch pada C:\Windows  dan memblok semua isi file prefetch kemudian delete. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih praktis untuk menghapusnya secara otomatis ketika komputer di restart. Caranya :

  1. Buka notepad
  2. Ketikkan del C:\Windows\Prefetch\*.*/q
  3. Simpan file, file>save as> dan buat nama file nya prefetch.bat=> Pada saat menyimpan pilih All Files pada Save as Type, kemudian simpan di drive C:\Windows
  4. Setelah tersimpan cari file yang Anda buat tadi prefetch.bat dan dobel klik

Cara lain bisa juga dengan cara masuk ke registry, tekan windows logo bersamaan dengan huruf  R pada keyboard atau klik start menu klik run ketikkan regedit klik oke. Jika jendela registry sudah muncul  cari [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ CurrentControlSet\Control\ Session Manager\ Memory Management\ PrefetchParameters\ ]. Lihat panel disebelah kanannya dan cari EnablePrefetcher, klik kanan>modify, ubah value nya menjadi 0 ( disable ).

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Posting Komentar