20.09 -
No comments
![](http://2.bp.blogspot.com/-JT3fWNy_jgM/TpEPF0wj1vI/AAAAAAAAEP8/vq7ZtgglKGw/s1600/ico_file.png)
![](http://2.bp.blogspot.com/-8N6vJXITgi4/TpEPD0ikCcI/AAAAAAAAEPs/YTFszF--q68/s1600/ico_comment.png)
Faktor Budaya,Sosial,Pribadi & Psikologis yang mempengharuhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk
1.
Faktor Budaya yang terdiri dari beberapa sub yaitu :
Pertama,
Budaya merupakan penentu
keinginan dan perilaku yang mendasar yang terdiri dari kumpulan nilai
preferensi dan perilaku.
Kedua,
Sub Budaya banyak
sub-budaya yang membentuk segmen pasar yang penting, dan pemasar sering
merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan
mereka.
Ketiga,
Kelas Sosial, menunjukkan preferensi
produk dan merek yang berbeda dalam banyak hal.
2. Faktor Sosial yang
terdiri dari beberapa sub yaitu :
Pertama, Kelompok Acuan yaitu seseorang
terdiri dari semua kelompok yang mempengaruhi langsung (tatap muka) atau tidak langsung
terhadap sikap atau perilaku seseorang.
Kedua, Keluarga yang merupakan
organisasi pembelian yang paling penting dalam masyarakat, dan ia telah menjadi
objek penelitian yang luas. Anggota
keluarga merupakan kelompok
acuan primer yang sangat berpengaruh.
Kita dapat membedakan antara
dua keluarga dalam kehidupan pembeli. Kelurga orientasi tersendiri dari
orangtua dan saudara kandung seseorang.
Ketiga, Peran dan status kedudukan
seseorang dapat ditentukan melalui peran dan status. Peran meliputi kegiatan yang
diharapkan akan dilakukan seseorang. Masing-masing peran tersebut menghasilkan
status
3. Faktor Pribadi yang terdiri
dari beberapa sub yaitu :
Pertama : Usia dan Tahap Siklus hidup
konsumsi juga dibentuk oleh siklus hidup keluarga. Pemasar sering memilih
kelompok-kelompok berdasarkan siklus hidup sebagai pasar sasaran mereka.
Kedua : Pekerjaan dan lingkungan
ekonomi. Pemasar berusaha mengidentifikasikan kelompok profesi yang memiliki
mina di atas rata-rata atas produk dan jasa mereka.
Ketiga, Gaya Hidup orangorang yang
berasal dari sub-budaya, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama dapat memiliki
gaya hidup yang berbeda.
Keempat, Kepribadian dan Konsep Diri.
Kepribadian adalah karakteristik psikologis seorang yang berbeda dengan orang
lain yang menyebabkab tanggapan yang relatif konsisten dan bertahan lama
terhadap lingkungannya.
4. Faktor Psikologis yang terdiri
dari beberapa sub yaitu
Pertama, Motivasi, seseorang memiliki
kebutuhan yang banyak dalam waktu tertentu. Beberapa kebutuhan bersifat
biogenis, kebutuhan muncul dari tekanan biologis seperti lapar, haus dan tidak
nyaman.
Kedua, Pengetahuan/Pembelajaran meliputi
proses perubahan tingkah laku seseorang yang timbul dari pengalaman
0 komentar:
Posting Komentar